Kita sering mendengar kata pasar dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum pasar sering dikenal dengan tempat bertemunya para penjual dan pembeli. Namun pengertian pasar secara konsep pemasaran pasar diartikan sebagai kelompok individual yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut. (Teguh Budiarto, 1993)
Tujuan pembelian dibedakan menjadi dua kelompok yaitu pasar konsumen akhir dan pasar konsumen antara. Pasar konsumen akhir hanya disebut sebagai pasar konsumen. Pasar konsumen antara sering dikenal dengan pasar produsen, pasar industrial.
Perilaku pasar adalah kebiasaan konsumen yang meliputi proses pengambilan keputusan untuk membeli serta kegiatan fisik individual terhadap produk tertentu.
Pasar konsumen adalah pasar yang konsumennya hanya membeli dan menggunakan barang atau produk hanya untuk kepentingan pribadi atau keluarganya saja.
Stimulus pemasaran
Factor-faktor stimulan aspek pemasaran meliputi seluruh kegiatan pemasaran yang ditujukan kepada pasar meliputi :
Aspek produk : kualitas, model baru, bahan yang dipergunaka, features, popularitas merk, garansi, dsb
Aspek harga : harga murah, harga prestos, pemberian diskon
Aspek promosi : iklan, promosi, penjualan dsb
Aspek distribusi : kemudahan perolehan,
Daftar pustaka :
Budiarto, Teguh. Seri Diktat Kuliah Dasar Pemasaran. 1993.
0 komentar:
Posting Komentar