Motivasi adalah dorongan internal untuk melakukan tindakan sesuatu sebagai usaha pemenuhan kebutuhan.
Seorang manusia yang hidup didunia perlu memenuhi kebutuuhan-kebutuhan :
Fisik : lapar, haus, dll.
Psikis : agresi, preservasi, kasih saying,dll
Hasrat : penerimaan, afilisi,dll
Disamping itu juga manusia juga perlu menghindari dari :
Perasaan : kecemasan, kepedihan, tekanan, dlll
Teori motivasi yang paling terkenal adalah teori kebutuhan maslow. Motivasi kegiatan seseorang adalah usaha untuk melakukan kegiatan atau memenuhi kegiatan-kegiatan pribadi yang bertingkat-tingkat. Pemenuhan kebutuhan tersebut dilakukan dilakukan secara progresif.
Menurut herzberg : motivasi seseorang mealkukan kegiatan-kegiatan atau tindakan adalah usaha untuk mencapai tingkat kepuasan dan untuk menekan rasa ketidakpuasan.
Motivasi seseorang melakukan pembelian karena mereka melakukan kegiatan-kegiatan atau usaha-usaha mereka untuk mencapai kepuasan.
Persepsi adalah proses pemilihan, pengorganisasian dan pengertian informasi berdasarkan pengalaman pribadi
Daftar pustaka :
Budiarto, Teguh. Seri Diktat Kuliah Dasar Pemasaran. 1993. Jakarta. Gunadarma
Motivasi
19.59 |
Label:
Manajemen Pemasaran
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar