Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan. (Teguh Budiarto, 1993)
Jadi pemasaran itu adalah kegiatan memasarkan atau mengenalkan produk untuk kebutuhan pasar dengan barang atau jasa dan kemudian menetapkan harga pasaran barang tersebut dan selanjutnya mendistribusikannya kepada konsumen dengan tujuan memuaskan kebutuhan konsumen dan juga perusahaan mendapatkan untung dari pemasaran tersebut.
Unsur-unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah :
1. Pemasar
Pemasar adalah organisasi perusahaan atau pribadi yang mempunyai tujuan pemasaran misalnya keuntungan, survive, pangsa pasar, kesetiaan pelanggan,dll. Pemasar juga dapat merupakan produsen (umumnya berorientasi pada keuntungan), dan organisasi (belum tentu berorientasi pada keuntungan)
2. Pemerintah
3. Barang dan Jasa
Segala sesuatu yang ditawarkan oleh produsen hanya untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen.
4. Pasar
5. Proses Pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan antara produsen dan konsumen yang masing-masing memerlukan keuntungan dan pemuas kebutuhan konsumen dan keinginan konsumen.
Perkembangan Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran dalam perjalanan waktu demi waktu selalu mengalami perkembangan (evolusi pemikiran). Perkembangannya adalah sebagai berikut :
1. Konsep produksi
Konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah saja.
2. Konsep produk
Konsumen hanya ingin produk-produk yang berkualitas dan berpenampilan menarik
3. Konsep penjualan
Konsumen perlu sedikit dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai keuntungan perusahaan yang maksimum.
4. Konsep pemasaran
Konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk yang hanya mampu memenuhi kebutuhan konsumen dan kepuasan konsumen
5. Konsep pemasaran yang memasyarakat (social)
Konsumen hanya bersedia membeli produk yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen dan juga ikut mensejahterakan kehidupan social konsumen tersebut.
6. Konsep pasar
Produsen harus mempunyai keunggulan pasar yang kompetitif agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan memuaskan kebutuhan konsumen.
Daftar pustaka :
Budiarto, Teguh. Seri Diktat Kuliah Dasar Pemasaran. 1993. Jakarta. Gunadarma
Pemasaran
20.00 |
Label:
Manajemen Pemasaran
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar