HARGA

HARGA

Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk (bagi konsumen maupun produsen) yang umumnya dinyatakan dalam satuan moneter (rupiah, dolar, yen dll).

Harga terbentuk dari kompetensi produk untuk memenuhi tujuan dua pihak : produsen dan konsumen. Produsen memandang harga adalah sebagai nilai barang yang mampu memberikan manfaat keuntungan diatas biaya produksinya (atau tujuan-tujuan yang lain, misalnya keuntungan). Konsumen memandang harga adalah sebagai nilai barang yang mampu memberikan manfaat atas pemenuhan kebutuhannya dan keinginannya (misalnya hemat, prestos, syarat pembayaran, dll).

FUNGSI HARGA

Bagi perusahaan maupun konsumen, harga berfungsi sebagai :

1. Sumber pendapatan dan atau keuntungan perusahaan untuk pencapaian tujuan produsen

2. Pengendali tingkat permintaan dan penawaran

3. Mempengaruhi program pemasaran dan fungsi-fungsi bisnis lainnya bagi perusahaan. Harga dapat berperan sebagai pengaruh terhadap aspek produk, distribusi atau promosi.

4. Mempengaruhi perilaku konsumsi dan pendapatan masyarakat (harga rendah dapat meningkatkan konsumsi masyarakat dan upah yang tinggi bagi jasa masyarakat akan mempengaruhi perilaku konsumsinya).

FAKTOR PENENTU HARGA

Penentuan harga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal

Faktor Internal Meliputi :

1. Tujuan pemasaran (biaya, penguasaan pasar dan usaha)

2. Strategi marketing-mix (aspek harga dan non harga)

3. Organisasi (struktur, skala dan tipe)

Faktor Eksternal Meliputi :

1. Elastisitas permintaan dan kondisi persaingan pasar

2. Harga pesaing dan eraksi pesaing terhadap perubahan harga

3. Lingkungan eksternal yang lain, lingkungan mikro (pemasok, penyalur, asosiasi dan masyarakat) maupun lingkungan makro (pemerintah, cadangan, sumber daya, keadaan social dll).

BATAS PENENTUAN HARGA

Harga berubah atau dirubah tidaklah tanpa batas. Penentuan harga terbatasi oleh permintaan (Customer demand), biaya (Cost), maupun persaingan (Competition). Jadi, harga dapat berubah kapanpun dan harga dapat berubah tergantung dari permintaan konsumen, biaya yang dikeluarkan oleh produsen atau penjual dan persaingan antar pedagang pun menjadi salah satu penyebab penetuan harga. Posisi atau tingkat harga akan bergerak berfluktuasi dalam ruang gerak persaingan mengikuti kekuatan pesaing yang lebih besar. Akan perubahannya tetapi tidak akan sampai melebihi batas harga tertinggi dari permintaan pasar maupun tidak akan lebih rendah dari biaya yang ditanggung produsen.

TAHAP PENENTUAN HARGA

Terutama untuk produk baru, penentuan harga perlu melalui prosedur beberapa langkah sebagai berikut :

1. Memilih tujuan dan orientasi harga

2. Memperkirakan permintaan produk dan perilakunya

3. Memperkirakan biaya dan perilakunya

4. Melakukan analisis perilaku peasing

5. Melakukan strategi harga

6. Menyesuaikan harga akhir

TUJUAN HARGA

Secara umum, tujuan penentuan harga akan mempertimbangkan batasan-batasannya, yaitu :

1. Perusahaan yang mempertimbangkan biaya akan bertujuan untuk mengendalikan keuntungan atau sekedar hanya untuk menutup biaya

2. Perusahaan yang mempertimbangkan permintaan pasar akan bertujuan untuk mengendalikan (memperluas maupun hanya untuk hanya untuk mempertahankan) penjualan atau market-share

3. Perusahaan yang mempertimbangkan persaingan harga akan bertujuan untuk mengendalikan (mengatasi atau menghindari) persaingan.

DAFTAR PUSTAKA

Budiarto Teguh, Dasar Pemasaran, Gunadarma, 1993

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar